Rabu, 24 September 2008

Beasiswa

Just a few minutes ago, seorang teman ngabarin aku lewat YM tentang pengajuan beasiswanya yang keterima, dia bilang gini :"aku lagi seneng ni hari ni, beasiswaku keterima" trus aku bales dengan ekspresi kaget :"lah....emang kmu ngajuin beasiswa ?" trus dibalasnya :"iya, dan aku dapet, tpi sayang dapetnya cma dikit, ga bisa dipake buat shopping..."dan seterusnya aku komentari dia dengan nada yang agak tinggi, tau knapa ? karna aku tau pasti klo temenku ini masi punya orang tua yang kaya raya, yang punya duit lebih dari cukup buat biayain kuliah dia.

Inilah gambaran mahasiswa saat ini, egois, materialis, opportunis, dah ga ada lagi kepedulian, kepekaan. Jangankan peduli dengan negaranya, peduli dengan temannya sesama mahasiswa yang lebih berhak menerima beasiswa aja udah nggak, lalu dimana peran mahasiswa sebagai social control dan agent of change ?, atau mungkin mahasiswa saat ini ga tau klo selain belajar meraka juga punya kewajiban seperti diatas ?entahlah.....

Saat temenku tadi aku tanya syarat-syarat ngajuin beasiswa, dia bilang hanya butuh ktm, transkrip nilai, dan surat keterangan sebagai aktivis kampus, ga perlu surat keterangan tidak mampu, ga perlu kartu kelurga, dan ga perlu slip gaji orang tua. Pantas saja dia bisa dapat, kalau parameter mendapatkan beasiswa hanya nilai dan keaktifan, anak orang terkaya sedunia pun juga bisa dapat, artinya peluang mahasiswa kurang mampu untuk dapat beasiswa jadi berkurang, padahal merekalah yang berhak mendapatkannya.

Temenku ini yang notabene adalah aktivis kampus, ngerasa berhak nerima beasiswa itu karna katanya ini adalah beasiswa buat para aktivis kampus dan ga ada hubungannya dengan beasiswa buat mahasiswa ga mampu, hm.......emang aku pernah dengar tentang jenis beasiswa seperti itu, bahkan ada pula beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Tapi........mau aktivis kampus kek, mau mahasiwa berprestasi kek, klo dah kaya ngapain ngajuin permohonan beasiswa segala ?

Mungkin fakta seperti ini yang menyebabkan keaadan sosial di negara kita ini menjadi seperti sekarang ini, dimana yang kaya semakin kaya dan yang miskin makin miskin dan tertindas, karna antar individu dah ga saling peduli, karna kebijakan-kebijakan penguasa yang sama sekali tidak memberikan peluang lebih bagi kaum miskin untuk lebih mensejahterakan hidup mereka.

1 komentar: