Jumat, 26 September 2008

Mudik

layaknya kebiasaan masyarakat Indonesia tercinta menyambut datangnya hari raya Idul Fitri yang dikenal dengan istilah Mudik ( sampe sekarang aku belum tau tu kata mudik asalnya dari mana, tapi yang pasti istilah mudik identik dengan para perantau yang kembali kekampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri bersama sanak saudara mereka ), sore inipun aku bakalan mudik ke pulau garam ( begitulah julukan buat pulau madura kampung halamanku ). Madura dibagi menjadi empat kabupaten, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan terakhir Sumenep. Nah...kabupaten yang aku tulis dengan cetak tebal itulah kabupaten kampung halamanku, kota yang panas, kering, kota yang khas dengan momumen arek lancor nya, kota yang pendapatan terbesarnya dari tembakau, kota tempat aku lahir dan tumbuh selama 19 tahun, klo dipikir-pikir lama juga ya aku hidup disana, tapi..........gak banyak kenangan yang aku ingat tentang hidupku dikota ini ( don't know why.....tpi yang pasti bukan karena amnesia he....3 ).

Well, males sebenarnya yang mo mudik, jalanan pasti ramai, serba antri....capek,penat, jenuh pasti bakal aku rasain pas jalan pulang ntar apalagi aku naek kendaraan umum, sendiri lagi....ya even dari Malang ke Surabaya ada yang nemenin, tpi tetap aja Surabaya - Pamekasan aku sendiri, padahal rute jalan ini yang paling bikin aku bored. Jadi, rencana mudikku sore ini begini : dari kost aku bedua ma temen kost bakal naek angkot ke terminal arjosari, ( kira-kira 45 menit ) dari arjosari naek bus antar kota ke terminal purbaya surabaya(2-2,5 jam), nah...dari situ naek bus kota, temenku turun di TP dan bakal dijemput temennya buat mudik ke Jakarta, aku meluncur langsung ke pelabuhan( 45'-1 jam), trus nyabrang pulau naek kapal "ferry"(30 menit), bis itu naek bis lagi ke Pamekasan (3 jam), dari terminal pamekasan aku harus naek angkot lagi buat nyampe ke rumah. jadi....total perjalanan memakan waktu kurang lebih 7 jam, itu perkiraan klo hari-hari biasa, tapi klo waktunya mudik2an begini, tau de bakal brapa jam dijalan.

Saat nyampe kerumah nanti, aku dah bisa nebak hal apa aja yang bakal ibuk komentari dari aku, dari rambutku yang sekarang mulai gondrong dan jauh dari kesan rapi, bibirku yang semakin item karna kebanyakan ngerokok dan badanku yang kurus banget gara-gara tidur ga teratur. hm............it would be a hard day today

Tidak ada komentar:

Posting Komentar